Edukasi Pengelolaan Desa Wisata, Branding Produk UMKM, dan Pemasarannya melalui Abdimas

February 16, 2023, oleh: superadmin

Yogyakarta (16/02) – Pengabdian Masyarakat (Abdimas) di perguruan tinggi merupakan kegiatan sivitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu, pengetahuan, teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 47 dan 48. Abdimas bukan hal yang asing ditelinga dunia pendidikan, terutama perguruan tinggi, dalam hal ini adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Salah satu kegiatan Abdimas tersebut dilakukan oleh Dosen Magister Ilmu Pemerintahan UMY, Dr. Suswanta, M.Si.

Kegiatan yang dilakukannya berlangsung di Kalurahan Banaran, Kapanewon Galur, Kabupaten Kulon Progo, D.I.Yogyakarta. Kegiatan berlangsung pada hari Rabu, 15 Februari 2023 di Balai Kalurahan setempat, dan dihadiri oleh warga sekitar dan Mahasiswa KKN UMY. Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Heru Purwanto, A.Md. (Marketing Desa Wisata Nglanggeran, Gunung Kidul) dan Sakir Ridho Wijaya, M.IP. (Dosen UMY/Praktisi Pemerintahan Desa dan Riset Kolaborasi).

Kegiatan berlangsung dengan lancar, interaktif, kondusif, dan mendapatkan apresiasi yang positif dari Pemerintah Kalurahan Banaran. Lurah Banaran pada kesempatan itu membuka secara langsung kegiatan tersebut dan menyampaikan harapannya agar kedepannya bisa terjalin kerjasama yang berkesinambungan dengan UMY. Warga yang hadir dari berbagai latar belakang pelaku usaha UMKM pun menyambut gembira dan berharap terdapat perubahan yang lebih baik lagi. (MNR)