MIP dan IGov UMY adakan Visiting Professor bertema Pandangan Pemerintahan

January 2, 2023, oleh: superadmin

Yogyakarta (5/12) – Pada sesi Visiting Professor kali ini mengundang Assoc. Prof. Dr. Halimah Abdul Manaf selaku Dekan School of Government, University Utara Malaysia. Visiting Professor membantu memperdalam pengetahuan mahasiswa tentang isu-isu terkini terkait Pemerintahan di ranah internasional yang mungkin tidak mereka dapatkan di kelas.

Pada kesempatan tersebut para pemateri membahas perkembangan local government di Malaysia. Dibuka dengan penjelasan bagaimana sistem politik, hubungan antar pemerintah, jenis pemerintahan lokal, dan otoritas lokal di Malaysia. Dalam diskusi tersebut, narasumber juga menyampaikan bahwa sebelum adanya pandemi Covid-19, pemerintah Malaysia telah memaksimalkan penggunaan platform digital.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pembahasan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi pemerintah Malaysia. Masalah dan tantangan tersebut antara lain, urbanisasi yang cepat, warga memiliki harapan yang tinggi terhadap pemerintah yang menganggap semua negara sama, kemampuan pemerintah daerah untuk menghasilkan pendapatan sendiri, penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan lain-lain. Peserta dalam kegiatan ini adalah dari Indonesia, Malaysia, dan Pakistan. Mereka mengikuti kegiatan secara aktif dan berjalan dengan lancar