Menarik, MIP UMY Adakan Workshop Tata Kelola Jurnal

October 22, 2022, oleh: superadmin

Yogyakarta (22/10) – Telah berlangsung Workshop Tata Kelola Jurnal Menuju Terindeks Bereputasi pada Senin (17/10) yang diadakan oleh Journal of Governance and Public Policy, MIP UMY. Bertempat di Amphiteater Lt.4 Gedung Pascasarjana, workshop tersebut turut menghadirkan Prof. Dr. Phil. Janianton Damanik, M.Si. selaku Editor In Chief Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JSP) UGM sebagai narasumber pertama dan Prof. Dr. Dyah Mutiarin, S.IP., M.Si selaku Kepala Lembaga Riset dan Inovasi UMY sebagai pembicara kedua.

Kegiatan yang diawali dengan sambutan dari Dr. Suswanta, M.Si. selaku Editor in Chief JGPP UMY seklaigus sebagai Ketua Program Studi  MIP ini disambut sangat baik oleh para peserta. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme  dari 45 peserta yang hadir secara offline dan 30 peserta hadir secara online. Dalam sambutannya, Suswanta menyebut terkhusus bagi para mahasiswa tingkat akhir  MIP UMY yang sedang menggarap tesisnya, harus sudah lolos Sinta 2 untuk dapat lulus dari jenjang Magister. Disamping itu, ia berharap para penulis, editor, maupun reviewers jurnal akan dapat memahami tips dan trik yang dapat diterapkan saat melakukan tugasnya. Sebab perlu diingat adanya perkembangan literasi di era sekarang juga tentu dapat memengaruhi sebuah standar kepenulisan jurnal yang akan dipublikasikan.

Selaku narasumber pertama, Anton menyebut para penulis jurnal perlu membuat sebuah jurnal yang disampaikan secara detail. Sebab, hal ini akan memengaruhi isi dari jurnal itu sediri, editor, dan para reviewers. Dirinya menyampaikan tulisan ilmiah tersebut harus jelas namun juga tidak bertele-tele, maka dari itu tidak bisa langsung selesai. Karena semua membutuhkan prosesnya masing-masing.

“Kalau mau cari makan, cari diproyek banyak. Tetapi meninggalkan sesuatu yang ditinggalkan dengan manis (jurnal) disini itu sedikit” timpal Anton. Sehingga menurutnya, para penulis perlu sabar dan teliti. Agar para editor dan reviewers juga dapat mengerjakan tugasnya dengan baik dan dapat menghasilkan suatu jurnal yang baik pula.

Disesi kedua, Arin juga turut menambahkan bagaimana kiat-kita yang dapat dilakukan oleh para penulis, editor, serta reviewers jurnal. Ia berpendapat bahwa seorang reviewers harus benar-benar memerhatikan perspektif dari para penulis. Sehingga pesan yang disampaikan akan sama dan memiliki makna tersendiri. (AN)