Pererat Kerjasama Tri Dharma, IISIP Yapis Biak Lakukan Studi Banding ke MIP UMY

September 13, 2022, oleh: superadmin

Yogyakarta – Sejumlah mahasiswa dan dosen Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Yapis Biak, Papua mendatangi Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Kamis (8/9). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Studi Banding dan Kuliah Umum di beberapa kampus di jawa. Salah satunya, IISIP Yapis Biak menggandeng Magister Ilmu Pemerintah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (MIP UMY), setelah sebelumnya rombongan IISIP Yapis Biak juga berkunjung ke UNAIR dan UGM.

Acara yang bertempat di Amphiteater Lt.4 Gedung Pascasarjana UMY ini dihadiri oleh Wakil Rektor V Bidang Kerjasama dan Internasional Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc. yang didampingi oleh Dr. Suswanta, M.Si selaku Ketua Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan UMY serta Perwakilan dari IISIP Yapis Biak Sri Handayani, S.AN., M.Si. selaku Ketua Program Studi Magister Administrasi Publik (MAP) beserta staff, dan 22 perwakilan mahasiswa MAP.

Sri Handayani dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan rombongan melakukan kunjungan tidak lain untuk menjalin silaturahim dan kerjasama antara IISIP Yapis Biak dengan MIP UMY. “Studi banding ini sudah dilaksanakan yang kedua kalinya, setelah sebelumnya kami mengadakan kunjungan yang sama (pertama kalinya) pada tahun 2019. Harapannya kami dapat melakukan kerjasama dan membuat Memorandum of Agreement (MoA) dengan MIP UMY”, ujarnya.

Hal tersebut tentu disambut baik oleh pihak MIP UMY yang diwakili Dr. Suswanta, M.Si. Ia mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan awal yang baik bagi hubungan antara UMY dengan Yapis Biak. Pihaknya juga telah menyiapkan Memorandum of Understanding (MoU) yang ditawarkan kepada pihak IISIP Yapis Biak untuk dapat dipelajari.

“Tujuan dari kerjasama ini merupakan kerjasama Tri Dharma untuk membuat suatu kolaborasi dalam bentuk penelitian dan publikasi di bidang pendidikan, pengembangan, serta pengabdian”, ucapnya.

Suswanta juga berharap kerjasama ini dapat saling memberi manfaat antar kedua pihak. Sehingga para Dosen MIP juga dapat melakukan pembelajaran serta melihat langsung bagaimana kondisi di Papua terutama dalam hal pendidikan. Begitupun sebaliknya, mahasiswa MAP Yapis Biak dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang doktoral di Ilmu Pemerintahan UMY.

Sebelum acara dilanjutkan dengan kuliah umum, MIP UMY memberikan sebuah cindera mata berupa plakat yang diberikan kepada Sri Handayani, serta cindera mata dari IISIP Yapis Biak berupa penutup kepala Koteka dan tas Noken khas Papua yang diberikan kepada Achmad Nurmandi. Setelah penyerahan cindera mata, acara dilanjutkan dengan Kuliah Umum mengenai Penerapan Electronic Government yang disampaikan oleh Dr. Ulung Pribadi, M.Si selaku Sekretaris Program Studi S3 Doktor Ilmu Pemerintahan UMY.

Dalam menindak lanjuti perjanjian kerjasama tersebut, pihak IISIP Yapis Biak mengundang jajaran MIP UMY untuk dapat hadir dalam acara sarasehan dan makan malam bersama. Bertempat di Hotel Abadi Malioboro, pihak MIP UMY menerima undangan tersebut, serta turut dihadiri oleh Rektor IISIP Yapis Biak Drs. Djamil Hasim, M.Si., Wakil Retor I UMY Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Sukamta, S.T., M.T., IPM., serta Dekan Fisipol UMY Dr. Takdir Ali Mukti, M.Si. (AN).