Bimtek DPRD Kulon Progo 2022 Bahas Pengawasan DPRD dalam APBD Bersama MIP UMY dan LPM UMY

February 9, 2022, oleh: superadmin

Yogyakarta (09/02) – DPRD Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Tahun 2022 pada hari Minggu s.d. Selasa tanggal 6-8 Februari 2022 di Hotel Grand Mercure Yogyakarta Adisucipto. Kegiatan tersebut mengangkat tema “Optimalisasi Pelaksanaan Fungsi Pengawasan DPRD dalam APBD”. Bimtek DPRD Kulon Progo diikuti oleh seluruh Anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo dan dihadiri oleh jajaran Sekretariat Dewan DPRD Kabupaten Kulon Progo.

Bimtek tersebut dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo, Akhid Nuryati, S.E., dan dihadiri oleh Kepala Divisi Pengabdian Dosen LPM UMY, Dr. Novi Caroko, S.T., M.Eng. kegiatan tersebut menghadirkan berbagai narasumber dari berbagai latar belakang yang kompeten terkait dengan tata kelola pemerintahan dan perencanaan pembangunan.

Hadir sebagai narasumber pertama, Nur Ikhwan Rahmanto, S.Ant., M.U.R.P., selaku Kabid Perencanaan dan Pengendalian Paniradya Kaistimewan DIY. Dalam paparannya terkait dengan UU Keistimewaan DIY dan Implementasinya di Kabupaten Kulon Progo, Nur Ikhwan menekankan pentingnya optimalisasi Dana Keistimewaan (Danais) dalam keberlangsungan berbagai kegiatan pemerintahan yang menyasar pada masyarakat.

Sementara, sebagai narasumber kedua Drs. Sahat Marulitua Simamora dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri-RI) menyampaikan materi mengenai Optimalisasi DPRD dalam APBD 2022 dan Perpres No. 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN 2022. Dan sebagai narasumber terakhir Arum Kusumaningtyas, S.IP., M.Sc., menyampaikan Rumusan dan Pengembangan Bidang Urusan Pendukung Implementasi Aerotropolis YIA.

Kegiatan bimtek tersebut berlangsung dengan baik dan lancar serta ditutup oleh Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo dengan harapan agar seluruh materi yang telah disampaikan dapat terserap dengan baik oleh seluruh Anggota Dewan dan di implementasikan dengan segera dan sebaik mungkin.