Inovasi Tata Kelola Desa di Kubu Raya Jadi Bahan Kuliah Umum MIP UMY

January 6, 2022, oleh: superadmin

Yogyakarta (2/11) – Kuliah Umum dengan tema Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Desa di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat digelar secara blended di Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kuliah umum ini dilaksanakan oleh Magister Ilmu Pemerintahan dan Laboratorium IP UMY dalam program Governance partner sekaligus kerja sama di Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kegiatan Kuliah Umum dihadiri oleh Rektor UMY Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., Dekan Fisipol UMY Dr. Takdir Ali Mukti, S.Sos., M. Si., Kepala Program Studi Ilmu Pemerintahan Dr. Tunjung Sulaksono, S.IP., M.Si., Koordinator Lab IP Isnaini Muallidin, S.IP., MPA., dan Bupati Kubu Raya yakni H. Muda Mahendrawan, S.H., M.Kn.

Kuliah umum yang bekerja sama dengan lebaga pemerintahan daerah salah satu program yang akan dikemas menjadi Podcast Govermant Partner. Govermant Partner akan rutin dilaksanakan dengan kepala-kepala daerah yang ada di Indonesia sekaligus menjadi pembelajaran bagi program studi IP UMY khususnya dalam mewujudkan daerah yang pernuh inovasi.

Acara dimulai dengan dimoderatori oleh Ibu Erni Zuhriyati, S.S., S.IP., M.A. selaku dosen dari IP UMY kemudian dimulai dari pembicara Bupati Kubu Raya. Beliau memaparkan tranformasi yang sudah ada sejak adanya UU Desa. Ada 3 Tranformasi desa yang sudah ada sejak UU Desa, yaitu Desa sebagai Entitas, Nawacita Ke-3 Presiden, dan sebagai Strategi.