Ketua KPU RI Jadi Pembicara Kuliah Umum Bahas Pemilu Serentak di Tengah Pandemi

January 6, 2022, oleh: superadmin

Yogyakarta (28/11) – Magister Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merespon soal Pemilihan Umum Serentak 2024. Kegiatan tersebut bertema “Tata Kelola Pemilu Serentak 2024 di Tengah Situasi Pandemi” yang digelar pada Kamis 25 November 2021 secara online. Hadir sebagai narasumber, Arief Budiman, S.S., S.IP., M.BA., selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia.

Kuliah umum dibuka langsung oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) IP UMY, Dr. Tunjung Sulaksono, S.IP., M.Si., dalam sambutannya ia mengaku antusias atas terselenggaranya kuliah umum ini. Menurutnya kuliah umum ini akan membantu dosen dan mahasiswa untuk lebih memahami persoalan pemilu, terlebih lagi buat mahasiswa yang mengambil mata kuliah tata kelo pemilu.

Sementara Arief Budiman yang menjadi pembicara utama pada kuliah umum, banyak berbicara tentang desain pemilu serentak tahun 2024 yang strategis. Menurut Arief, pemilu serentak 2024 akan menjadi pengalaman yang pertama buat Indonesia. Dalam mensukseskan pemilu 2024, pihaknya juga sudah menyiapkan berbagai strategi dan tahapan menuju pemilu 2024. Ia menjelaskan ada beberarpa persiapan diantaranya; perkuat kerjasama antar lembaga, penggunaan teknologi, tahapan pemilu, SDM, hingga persoalan anggaran.