MIP dan IP UMY Kolaborasi Adakan Kuliah Umum Bahas Peran Penting Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif

January 6, 2022, oleh: superadmin

Yogyakarta (11/12) – Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berkolaborasi dengan Program Studi Ilmu Pemerintahan UMY menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Peran Penting Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif” pada Sabtu 11 Desember 2021. Acara yang digelar secara online dengan  mengundang Moh. Mudzakkir, Ph.D, dosen Prodi Sosiologi Universitas Negeri Surabaya sebagai pembicara.

Kuliah umum ini merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam menempuh mata kuliah penelitian kualitatif. Dr. phil. Ridho Al-Hamdi, MA., yang menjadi moderator pada kuliah umum tersebut, memaparkan bahwasanya Penelitian Kualitatif ini memiliki peranan penting dalam hal pengumpulan data studi dokumentasi, dan memperkaya analisa dan penelitian serta memenuhi kaidah ilmiah.

Beberapa poin utama terkait peran penting pengumpulan data dalam penelitian kualitatif diantaranya:

  1. Penelitian kualitatif dilakukan dengan cara meneliti cara orang memahami pengalaman nyata dan konkret responden yang mana dalam pikiran mereka sendiri dengan kata-kata mereka sendiri.
  2. Penelitian ini bersifat induktif, yang mana mengeksplorasi makna dan wawasan dalam situasi tertentu. Maka data yang dihasilkan berbentuk narasi dalam teks tertulis yang mengungkapkan sebuah wawasan tentang konstruksi realitas yang dibentuk oleh individu maupun kelompok sosial.
  3. Kategori pengumpulan data kualitatif adalah adanya realitas yang memiliki dasar filosofis; yakni ontologi, epistemilogi, dan metodologi. Hal ini dikarenakan asumsi filosofis setiap individu ataupun kelompok sosial memiliki banyak sekali perbedaan terhadap suatu pengetahuan, dan pengalaman yang berkaitan dengan konstruksi sosial. Sehingga kita dapat memahami, dan menyimpulkan dari responden dengan menggunakan konsep-konsep ilmu sosial.
  4. Tahapan penelitian kualitatif yaitu responden harus memiliki kolerasi dengan penelitian yang kita buat, Peneliti kemudian mampu menuliskan narasi yang disampaikan oleh responden, dan pembaca yang akan membaca hasil penelitian kita.
  5. Observasi dalam penelitian kualitatif yaitu mengamati orang dan peristiwa untuk mengetahui apa yang mereka lakukan dan katakana dalam situasi sehari-hari. Selain itu, jenis observasi dapat berperan serta maupun tidak berperan serta dalam setiap kegiatan obyek yang ditelitinya

Selain poin diatas, pembicara juga memaparkan langkah-langkah penting sebuah observasi penelitian dapat dilakukan melalui wawancara, analisis dokumen, ataupun mengadakan Focus Group Discussion.