Kolaborasi MIP UMY dan IP UMY – Lab IP UMY Adakan Kuliah Umum “The Need of Big Data for the Continuity of Quantitative Research”

January 6, 2022, oleh: superadmin

Yogyakarta (16/12) – Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) UMY berkolaborasi dengan Ilmu Pemerintahan (IP) UMY dan Laboratorium Ilmu Pemerintahan (Lab IP) UMY mengadakan kuliah umum secara online dengan tema “The  Need of Big Data for the Continuity of Quantitative Research”. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wegik Prasetyo, S.IP. dan Vendy Ardianto sebagai pembicara yang juga merupakan peneliti di Research Centre for Politics and Government (PolGov UGM). Acara ini dipandu dan dimoderatori oleh Helen Dian Fridayani, S.IP., M.IP., Ph.D. (Cand).

Menurut Wegik Prasetyo metode penelitian big data itu bukan hanya untuk penelitian kuantitatif saja, melainkan penelitian kualitatif juga bisa. Dimana Big Data memiliki 3 karakteristik, yaitu volume data yang dihasilkan, kecepatan akses yang tinggi, serta data memiliki karakteristik yang beragam, akurat, dan menghasilkan nilai yang sangat tinggi.

Pemanfaatan Big Data dalam Ilmu Sosial dapat digunakan untuk menemukan ide riset yang relevan dengan perilaku dan fenomena sosial. Penelitian dapat dimulai dari penelitian deduktif, induktif, maupun apduktif. Selanjutnya Vendy Ardianto memaparkan tahapan pengolahan data twitter dan artikel berita, melakukan data crawling dan pengolahan data untuk mempersiapkan dataset,  filterisasi kata kunci yang berkaitan dengan konteks penelitian, dan pengemasan data visualisasi.