MIP UMY Gelar Seminar Internasional Series 4, Terkait Governance Issues in Pandemic and Disaster Crisis

April 20, 2021, oleh: superadmin

Magister Ilmu Pemerintahan UMY, Kembali melaksanakan seminar internasional series4th yang diselenggarakan oleh Asia Pacific Society for Public Affairs dan Jusuf Kalla School of Government UMY, didukung Magister of Government Affairs and Administrations (MIP UMY), Universitas Muhammadiyah Jember dan International Partners Khon Kaen Univesity, Kalasin University, Maejo University, Mahasarakham University. Seminar internasional bertajuk “Webinar Series: Public Lecturer on Governance Issues in Pandemic and Disaster Crisis”.

Acara seminar internasional dilaksanakan pada Senin, 19 April 2021, Pukul 08.30 – 12.00 WIB secara online melalui aplikasi zoom dan live youtube channel. Selain itu, dalam acara tersebut menghadirkan tiga pembicara dari kalangan akademisi yang memiliki perhatian pada tema besar seminar, diantaranya Dr. Non Naprathansuk (Maejo University, Thailand), Dr. Kurniasih Mufidayati (Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia), Dr. Hazel D.Jovita (Mindanao State University, Philippines), Aqil Teguh Fathani, S.IP (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Selain itu, acara seminar internasional dipimpin moderator Dosen Magister Ilmu Pemerintahan UMY, Eko Priyo Purnomo, M.Res., Ph.D., yang dimana juga menjadi peneliti senior Jusuf Kalla School of Governance.

 

Management Crisis adalah suatu kegiatan untuk mencegah atau mengurangi efek yang ditimbulkan oleh suatu krisis tertentu. Lalu mengapa management crisis sangat diperlukan oleh organisasi, perusahaan, bahkan institusi pemerintahan?

Tentu sangat penting, karena hal ini sangat krusial. Adanya ancaman yang diperoleh dari sebuah krisis dapat mengakibatkan kerugian potensial yang berdampak pada sebuah organisasi, perusahaan, maupun institusi pemerintahan. Kerugian potensial ini meliputi kenyamanan umum, kerugian finansial, dan kerugian reputasi.

Selama pandemi berlangsung bisa dikatakan bahwa tidak ada negara yang tidak mengalami krisis, bahkan negara-negara besar sekelas Amerika, Inggris, Italia, dalam hal ini krisis wabah CoVid19. Kemudian, dari apa yang terjadi satu tahun belakang hingga saat ini kita bisa melihat dan mengkaji bagaimana strategi pemerintah di tiap-tiap negara untuk keluar dari CoVid19 crisis dari kacamata Ilmu Pemerintahan.

Hal tersebut merupakan salah satu alasan Prodi Magister Ilmu Pemerintahan UMY bekerjasama dengan universitas-universitas di Indonesia maupun mancanegara untuk mengadakan seminar daring bertajuk “Governance Issues in Pandemic and Disaster Crisis” (19/04) untuk mengkaji strategi pemerintah dalam menghadapi krisis tersebut.

Dengan menggandeng Dr. Non Naprathansuk dari Maejo University Thailand, Dr. Kurniasih Mufidayati dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, Dr. Hazel D. Jovita dari Mindanao State University of Technology Philippines, dan Aqil Teguh Fathani dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai pemateri yang dimoderatori langsung oleh Eko Priyo Purnomo dosen prodi Magister Ilmu Pemerintahan UMY acara ini sukses dilaksanakan dan mendapat tanggapan positif dari kurang lebih 130 peserta.

Materi Seminar dapat di download disini
Materi 1 & Materi 2