Kuliah Umum “Penggunaan NVivo dan Vos Viewer dalam Analisis Kualitatif”

January 20, 2021, oleh: superadmin

Yogyakarta – Teknik analisis data dalam penelitian mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal tersebut ditunjukkan dengan hadirnya berbagai alat analisis data seperti NVivo dan Vos Viewer. Alat-alat tersebut cukup familiar di kalangan mahasiswa. Akan tetapi, rupanya belum semua mahasiswa memahami cara penggunaannya.

Untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang dua alat tersebut, Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Prodi MIP UMY) menyelenggarakan Kuliah Umum (KU) “Penggunaan NVivo dan Vos Viewer dalam Analisis Kualitatif”, Sabtu (19/12). KU ini merupakan agenda mata kuliah Penelitian Kualitatif yang diampu oleh Dr. phil. Ridho Al-Hamdi, MA, Dr. Suswanta, M.Si, dan Sakir Ridho Wijaya, S.IP., M.IP.

Pembicara yang dihadirkan adalah Muhammad Iqbal, S.IP, M.IP., Mahasiswa Doktor NCKU, Taiwan yang juga Alumni IP dan Magister IP UMY. (Bhk)

Materi pembicara dapat didownload di sini: Kuliah Umum untuk Mahasiswa | Laboratorium Ilmu Pemerintahan UMY

Kuliah Umum dapat ditonton ulang melalui link berikut: Kuliah Umum: Penggunaan NVivo dan Vos Viewer dalam Analisis Kualitatif Bagian 1 – YouTube

Kuliah Umum: Penggunaan NVivo dan Vos Viewer dalam Analisis Kualitatif Bagian 2 – YouTube