Menjalin Keakraban Mahasiswa Baru melalui Outbound

October 9, 2019, oleh: superadmin


Magister Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memberikan semangat baru kepada mahasiswa barunya melalui acara “Outbound” dengan tema “Great Leaders for Great Future” yang pada kesempatan ini bertempat di Dolan Ndeso, Kulon Progo. Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut (5 – 6 Oktober 2019) diikuti oleh 45 mahasiswa, baik mahasiswa baru dan mahasiswa lama yang berhalangan hadir pada kegiatan outbound sebelumnya.
Beberapa mahasiswa Magister Ilmu Pemerintahan berlatar belakang sebagai pekerja profesional dimana waktu mereka sangat tersita oleh pekerjaan mereka masing-masing. Tidak sedikit pula yang telah berkeluarga. Sehingga intensitas mereka dalam bersosialisasi dengan kawan-kawan sekelasnya menjadi minim. Kondisi tersebut menjadi pemicu utama diadakannya outbound sebagai kegiatan rutin setiap setelah penerimaan mahasiswa baru. Oleh sebab itu, harapan yang ingin diwujudkan dari acara outbound ini adalah untuk mengakomodasi jaringan pertemanan dan meningkatkan intensitas interaksi di antara mahasiswa baru. Selain itu, dengan adanya koneksi yang terbentuk, mereka akan lebih mudah dalam berkerjasama pada bidang pekerjaannya maupun untuk kolaborasi dalam suatu apapun.
Kegiatan dimulai pada Sabtu sore (5/10), dimana mahasiswa diberikan materi kebangsaan dan bernegara, kemuhammadiyahan dan orientasi akademik agar mereka memahami proses perkuliahan di Magister Ilmu Pemerintahan.
Kemudian, acara dibuka pada hari Sabtu malam (5/10) oleh Sekretaris Prodi Magister Ilmu Pemerintahan Ibu Erni Zuhriyati, S.S., S.IP., MA. acara dilanjutkan dengan “games” dengan maksud untuk melatih kekompakan mahasiswa MIP, dan diakhiri dengan pentas seni yang ditampilkan oleh mahasiswa MIP.
Acara fisik kemudian dilaksanakan pada hari Minggu pagi (6/10), dimana mahasiswa harus bangun pagi dan mengikuti kegiatan senam pagi. Selanjutnya, mahasiswa melaksanakan kompetisi outbound berdasarkan kelompok yang telah dibentuk pada hari sebelumnya. Kembali menggandeng tim dari Dolan Ndeso, acara ini diisi oleh beragam permainan seru seperti Step A, Labirin, Twin Tower, Rouellete, Semar Misteri dan permainan yang masih paling disukai oleh para peserta outbound ini adalah Mohawk dan Lowrope. Acara ditutup dengan pengumuman pemenang dan foto bersama antara mahsiswa MIP angkatan 17 dan 18 dengan panitia.