Workshop of The International Curriculums, International Accreditations, & Launching Dual Degree Programs

April 8, 2019, oleh: superadmin

Yogyakarta, 5 April 2019. Magister Ilmu pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan kegiatan workshop dengan mengangkat beberapa topik international yang berkaitan dengan kurikulum internasional, akreditasi internationan dan peresmian launching grandprogram magister ilmu pemerintahan yaitu dual degree program.  Kegiatan ini juga didukung oleh Jusuf Kalla School of Government dan Asia Pacific Society for Public Affairs (APSPA).  Kegiatan ini dihadiri oleh 50 perwakilan disetiap universitas seluruh wilayah indonesia baik itu yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri/Muhammadiyah/Swasta.
Kegiatan ini digunakan sebagai salah satu wadah bagi seluruh universitas ( swasta dan negeri) yang ada di indonesia untuk mempersiapkan diri dalam kualitas dan kuantitas menuju ke arah internasionalisasi. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam era digital ini semua akses baik dalam negeri maupun luar negeri dengan sangat mudah dapat diakses. Hal tersebut menjadi suatu upaya yang sangat menguntungkan bagi para akademisi, scholar, profesional dsb untuk dapat mendapatkan akses informasi dan ilmu yang seluas-luasnya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Dengan itu maka akses kuantitas dan kualitas yang dimiliki oleh setiap universitas dan program studi selalu meningkat. Tidak hanya itu saja, keuntungan dalam mendapatkan akses ditingkat internasional adalah terjalinnya kerjasama dan hubungan yang saling menguntungkan satu sama lain antar universitas. Percepatan peningkatan internasionalisasi ini juga didukung penuh oleh Kemenristekdikti bahwasannya ini akan menguntungkan bagi indonesia dengan upaya penyelarasan ilmu disemua negara.
Tidak hanya kemenristekdikti saja yang memiliki konsentrasi pada internasionalisasi pendidikan. Begitu juga dengan APSPA yang sampai saat ini tetap konsisten dalam menyelenggarakan bentuk konferensi internasional, workshop dan juga penilaian akreditasi pada setiap program study diseluruh dunia khususnya di wilayah asia dan pacific.
Kegiatan ini tentunya mengarah pada peresmian program dual degree yang dimiliki oleh Magister Ilmu Pemerintahan dengan Mindanao State University, Philippine sejak 2018. Program dual degree ini menjadi ajang pertama dari program Pascasarjana UMY yang telah berhasil secara resmi melaksanakan program dual degree tersebut. Magister ilmu pemerintahan juga telah berhasil mendapatkan penilaian accredited oleh APSPA yang menyatakan bahwa magister ilmu pemerintahan telah layak diakui kualitas dan kuantitas mutu pendidikannya oleh asesor APSPA yang berasal dari berbagai negara.
Semoga kegiatan ini dapat terus berkelanjutan dan terus menjadi semangat oleh para aktivis pendidikan kita untuk tetap terus meningkatkan mutu pendidikan yang dimiliki pada jenjang perguruan tinggi.