MIP UMY Kembali Gelar Bimtek untuk Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Maros

June 5, 2024, oleh: superadmin

Pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maros telah menyelesaikan Bimbingan Teknis (Bimtek) bertema “Sukses Pelantikan Anggota DPRD : Penguatan Motivasi dan Pengarahan untuk Kinerja: Legislatif yang Efektif”. Acara yang berlangsung di Hotel Cavinton Yogyakarta ini bertujuan untuk memperkuat motivasi dan memberikan arahan yang tepat bagi peningkatan kinerja para legislator dalam menjalankan tugas dan fungsi mereka. Bimtek ini diadakan selama dua hari, mulai dari tanggal 25 April hingga 26 April 2024, dan dihadiri oleh seluruh anggota DPRD Kabupaten Maros. Acara ini menghadirkan narasumber yang ahli di bidang pemerintahan dan pengembangan diri.

Ketua DPRD Kabupaten Maros, H. A.Patarai Amir, SE., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Bimtek ini. “Kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas kinerja kita sebagai wakil rakyat. Dengan motivasi yang kuat dan arahan yang tepat, kita dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Kabupaten Maros,” ujarnya.

Selama Bimtek, peserta mendapatkan berbagai materi yang relevan dengan tugas legislatif, antara lain teknik pengambilan keputusan yang efektif, manajemen stres, dan pengelolaan waktu yang efisien. Dr. Phil. Ridho Al Hamdi  menjelaskan tentang membangun relasi setara dengan eksekutif melalui 3 fungsi utama yaitu pembuatan regulasi (legislasi), pembuatan anggaran (budgeting) dan pengawasan (controlling) terhadap eksekutif” tuturnya.

Dr. Fajar Junaedi, M.Si., dalam presentasinya, menjelaskan tentang kepemimpinan dan strategi komunikasi dengan masyarakat yang sangat penting di era saat ini, karena strategi komunikasi yang baik melalui media sangat efektif dan dapat meningkatkan daya saing serta menjadi nilai tambah untuk DPRD Kabupaten Maros sebagai lembaga perwakilan rakyat. Namun, menurutnya “DPRD Kabupaten Maros dalam strategi komunikasi dengan masyarakat masing kurang efektif, dilihat dari berita yang diupdate melalui website atau media sosial yang masih kurang,” jelasnya. Dr. Fajar Junaedi, M.Si., atau yang biasa di sapa Mas Jun memberikan tips dan trik dalam membangun strategi komunikasi dengan masyarakat melalui platfrom media sosial yang diera saat ini terdapat 4.59 miliar adalah pengguna media sosial.

Narasumber selanjutnya Dr. Rini Juni Astuti, SE, M.Si., yang memaparkan tentang Business Plan yang mencakup rencana pemasaran, rencana produksi, rencana organisasional, dan rencana keuangan. “Business Plan sebagai alat bantu untukk menentukan visibikitas usaha yang akan dijalankan dalam kondisi pasar yang ada dan sebagai acuan bagi pelaku usaha untuk mengorganisir aktivitas,” ujarnya.

Dr. Suswanta, M.Si. dalam materi terakhir menjelaskan tentang motivasi berprestasi menuju legislator inspiratif “komitmen pada tugas dan fungsi legislatif untuk bekerja dengan penuh dedikasi dan komitmen terhadap tugas dan fungsi legislatif, termasuk pembuatan undang-undang, pengawasan pemerintah, dan representasi rakyat, kemudian legislator yang termotivasi cenderung lebih inovatif dan kreatif dalam mencari solusi untuk berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat, dan peningkatan kualitas kerja mendorong legislator untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas kerjanya, baik melalui pendidikan lanjutan, pelatihan, maupun pengalaman langsung di lapangan,” ungkapnya.

Dengan terselenggaranya Bimtek ini, diharapkan para pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Maros dapat semakin termotivasi dan terarah dalam menjalankan tugas-tugas legislatif, serta memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Maros.