Mantab !! Dosen MIP UMY Ikuti Training of Trainers Orientasi DPRD Angkatan I di Jakarta

October 17, 2023, oleh: superadmin

Yogyakarta (17/10) – Pelatihan pelatih (Training of Trainers, disingkat ToT) adalah suatu proses di mana individu yang memiliki pengetahuan, keterampilan, atau keahlian tertentu dilatih untuk menjadi instruktur atau pelatih yang kompeten dalam mentransfer pengetahuan dan keterampilan mereka kepada orang lain. Ini adalah bagian penting dari pengembangan sumber daya manusia dan pendidikan yang bertujuan untuk memastikan bahwa instruktur atau pelatih memiliki keterampilan yang diperlukan untuk memberikan pelatihan yang efektif kepada peserta lain.

Pelatihan pelatih adalah langkah penting dalam pengembangan tenaga kerja dan pendidikan yang efektif. Hal ini membantu memastikan bahwa pelatih yang memimpin pelatihan atau pembelajaran memiliki kemampuan yang diperlukan untuk menginspirasi dan mendidik peserta dengan baik. Termasuk dalam hal pengembangan kapasitas Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) mengadakan Kegiatan Training of Trainers Orientasi DPRD di Jakarta. Perwakilan dari BPSDM seluruh Indonesia hadir dalam kegiatan itu. Termasuk di dalamnya adalah Dr. Suswanta, M.Si. Dosen Magister Ilmu Pemerintahan UMY yang mewakili BPSDM Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Golden Beauty Kemayoran, Jakarta Pusat. Berlangsung sejak tanggal 16-20 Oktober 2023 ini, kegiatan berhasil dilaksanakan dengan lancar dan mendapat apresiasi yang baik dari seluruh peserta.