Alumni

Tracer alumni adalah salah satu program Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni UMY (khususnya dibawah tanggungjawab Kepala Pusat Pengembangan Karir) yang direncanakan dan dilaksanakan secara berkesinambungan. Tracer alumni yang pertama kali dilakukan pada tahun 2007, dua tahun setelah CDC UMY (Pusat Pengembangan Karir) didirikan. Tahun 2008 dan seterusnya program pelacakan alumni menjadi tanggungjawab jurusan/program studi sesuai dengan kebutuhan jurusan/program studi dalam memenuhi tuntutan akreditasi. Namun seiring dengan perubahan paradigma/pandangan dari pimpinan UMY terkait dengan peran penting tracer alumni dalam upaya peningkatan kualitas lulusan dan relevansi dengan dunia kerja, maka pimpinan UMY memutuskan untuk melakukan tracer alumni secara terpadu dan melibatkan mayoritas alumni yang tersebar dipenjuru negeri. Langkah awal yang direncanakan adalah melakukan tracer alumni bagi alumni UMY yang lulus pada tahun akademik 2015/2016. Pada tahun ini, tracer alumni sudah terintegrasi website dan mulai dilaksanakan dengan tujuan untuk mempermudah alumni dalam mengisi data tanpa harus datang ke kampus.

A. Tracer Alumni 2015/2016

Hasil dari pelaksanaan tracer alumni adalah untuk dapat memetakan kegiatan lulusan, kesenjangan kompetensi lulusan, daya serap lulusan dalam dunia kerja untuk dijadikan dasar dalam pengembangan dan penyempurnaan program pelaksanaan proses pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan dengan kompetensi sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan/dunia kerja, sehingga secara bertahap dapat meningkatkan kepuasan pengguna lulusan yang dalam hal ini diharapkan akan meningkatkan daya serap penggunaan lulusan serta memperpendek waktu tunggu lulusan dalam mendapatkan pekerjaan. Adapun data tracer alumni 2015/2016, sebagai berikut.

Menjadi Praktisi Akademisi atau Dosen adalah tempat kerja pilihan dari besar alumni MIP UMY lulus tahun akademik 2015/2016. Bahkan dari gambar di atas menunjukkan bahwa mayoritas alumni lulus tahun akademik 2015/2016, yakni sebanyak 8 orang atau sekitar 67% cenderung memilih Praktisi Akademisi sebagai tempat kerja mereka setelah lulus dari MIP UMY.

B. Tracer Alumni 2016/2017

Adapun data tracer alumni 2016/2017, sebagai berikut.

Menjadi Praktisi Akademisi atau Dosen adalah tempat kerja pilihan dari besar alumni MIP UMY lulus tahun akademik 2016/2017. Bahkan dari gambar di atas menunjukkan bahwa mayoritas alumni lulus tahun akademik 2016/2017, yakni sebanyak 9 orang atau sekitar 82% cenderung memilih Praktisi Akademisi sebagai tempat kerja mereka setelah lulus dari MIP UMY.

C. Tracer Alumni 2017/2018

Adapun data tracer alumni 2017/2018, sebagai berikut.

Menjadi Praktisi Akademisi atau Dosen adalah tempat kerja pilihan dari besar alumni MIP UMY lulus tahun akademik 2017/ 2018. Bahkan dari gambar di atas menunjukkan bahwa mayoritas alumni lulus tahun akademik 2017/ 2018, yakni sebanyak 14 orang atau sekitar 37% cenderung memilih Praktisi Akademisi sebagai tempat kerja mereka setelah lulus dari MIP UMY.

D. Tracer Alumni 2018/2019

Adapun data tracer alumni 2018/2019, sebagai berikut.

Menjadi Praktisi Akademisi atau Dosen adalah tempat kerja pilihan dari besar alumni MIP UMY lulus tahun akademik 2018/ 2019. Bahkan dari gambar di atas menunjukkan bahwa mayoritas alumni lulus tahun akademik 2018/ 2019, Dengan total alumni 35 orang, sebanyak 15 orang atau sekitar 43% cenderung memilih Praktisi Akademisi sebagai tempat kerja mereka setelah lulus dari MIP UMY. Sebanyak 26% atau 9 orang memilih menjadi wiraswasta dan proyeksi pekerjaan lainnya.

E. Tracer Alumni 2019/2020

Adapun data tracer alumni 2019/2020, sebagai berikut.

Menjadi wira swasta adalah pilihan kerja dari besar alumni MIP UMY lulus tahun akademik 2019/ 2020. Bahkan dari gambar di atas menunjukkan bahwa mayoritas alumni lulus tahun akademik 2019/ 2020, Dengan total alumni 16 orang, sebanyak 6 orang atau sekitar 38% cenderung memilih  wiraswasta setelah lulus dari MIP UMY. Tertinggi kedua dalam tracer alumni tahun ini yaitu pada Praktisi Politis, sebanyak 25% atau 4 orang memilih menjadi wiraswasta dan proyeksi pekerjaan lainnya.

Dalam pencapaian karir di bidang akademisi, MIP UMY telah mendesain lulusan untuk mampu menyampaikan ilmu yang dimilikinya kepada orang lain, baik sebagai peneliti/akademisi di berbagai lembaga  perguruan tinggi negeri maupun swasta dengan kemampuan untuk meneruskan ke jenjang pendidikan master ataupun doktor. Lulusan juga mampu melakukan penelitian mulai dari penggalian ide, merumuskan metodologi, melakukan penelitian dan membuat laporan dengan baik serta menyebarluaskan hasil penelitiannya untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas. Sebagai bagian dukungan dari MIP UMY dalam dunia Praktisi Pemerintahan, MIP telah mendesain alumni untuk mampu mengkoordinir dan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki mampu menjalankan fungsi leading, planning, organizing, actuating dan controlling. Dalam pengembangan karir di Praktisi Politik, MIP UMY telah mendesain Lulusan Magister Ilmu Pemerintahan siap bekerja sebagai pelaku pemerintahan dalam arti luas, baik dalam jajaran birokrasi di lembaga-lembaga pemerintahan (legislatif, eksekutif) di tingkat desa sampai dengan tingkat nasional, maupun sebagai politisi dan pelaku  politik dalam partai politik maupun organisasi-organisasi LSM sebagai bentuk softskills output untuk alumni MIP-UMY.

Untuk mengunjungi profil detail alumni MIP-UMY, klik disini

Dwian Hartomi Akta Padma Eldo

" Sebuah kebanggaan bagi saya ketika bisa menjadi mahasiswa di MIP UMY, prodi yang memiliki dosen yang luar biasa dengan keahlian dibidangnya masing-masing, MIP UMY mampu memberikan apa yang tidak dimiliki oleh prodi lain. Dengan sistem pembelajaran yang selalu mendorong kita untuk selau berkembang menuju internasional. Atmosfer akademik yang didapatkan bersama mahasiswa dan dosen mampu membuat saya selalu berkembang dan tidak kehilangan arah untuk berprestasi lebih baik lagi. “I am MIP” "

- Dwian Hartomi Akta Padma Eldo -

Aulia Nur Kasiwi

" MIP telah memberi saya banyak pengetahuan. Ini bukan hanya tentang secara teoritis, tetapi juga tentang ilmu pengetahuan juga dapat diterapkan untuk kehidupan sosial seperti penelitian dan dedikasi. Di sisi lain, tidak dapat dipisahkan dari peran dosen yang selalu memotivasi saya untuk mengembangkan dan bekerja dalam mengambil program studi pemerintah dan fasilitas yang selalu mendukung saya untuk tetap berjalan. Besar-besaran terima kasih MGAA "

- Aulia Nur Kasiwi -

Talitha Andwi Aswari

" MIP menyediakan dosen yang kompeten, fasilitas lengkap, dan juga menawarkan suasana akademik internasional yang kuat. MGAA latihan saya untuk mengembangkan dan mempertajam pengetahuan saya juga praktek di bidang studi pemerintah. Saya menemukan proses belajar di sini, tidak menyesal ketika saya belajar di MGAA. Saya menyimpulkan bahwa ini adalah pilihan yang tepat "

- Talitha Andwi Aswari -

Riska Sarofah

" Menjadi bagian dari MIP adalah pengalaman belajar yang luar biasa bagi saya. Keunggulan MIP adalah tentang kualitas pembelajaran dan dosen profesional. Selain itu, MIP selalu mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan internasional seperti pertukaran pelajar, konferensi internasional dan publikasi jurnal. "

- Riska Sarofah -